5 Wisata Kuliner di Lombok yang Khas dan Wajib Dicoba

Kuliner di Lombok

5 Wisata Kuliner di Lombok yang Khas dan Wajib Dicoba

Lombok adalah salah satu Referensi Liburan Akhir Tahun yang lumayan sering ditemui wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara di samping Bali. Lombok semakin hari semakin tidak sedikit didatangi wisatawan, khususnya yang hendak menikmati keindahan alamnya. Namun rupanya cukup tidak sedikit juga kuliner di Lombok yang sayang andai tidak dicoba. Berikut ini susunan wisata kuliner di Lombok yang wajibdiusahakan ketika berwisata ke Lombok.

  1. Nasi Kotaraja

Nasi Kotaraja adalah salah satu kuliner khas Lombok yang paling sederhana. Namun dibalik kesederhanaan tersebut, tersimpan cita rasa yangpaling luar biasa. Jika berwisata ke Lombok, makanan yang satu inimesti dicoba.

Kuliner di Lombok

Kuliner di Lombok

Dilansir situsĀ Agen Sbobet Resmi hal spesial dari Nasi Kotaraja ini ialah nasi yang dihidangkan bareng jangan rarit dan pun sambal sebie. Jangan rarit tersebut sendiri ialah makanan olahan dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu khas. Bumbu khastersebut dijemur terlebih dahulu sebelum digoreng.

Sementara itu, sambal sebie adalah sambal khas bumbu Lombok yang diubah dari cabe rawit hijau. Untuk merasakan makanan ini, wisatawan butuh datang ke Desa Kotaraja yang sedang di Lombok Timur.

  1. Kelaq Kelor

Jika kita pernah memahami atau mendengar istilah kelor atau daun kelor, maka makanan ini ialah makanan olahan sayur atau daun kelor yang paling enak dan mesti dicoba. Kelor tersebut sendiri adalah salah satu jenis sayuran. Mungkin di kota besar telah jarang yang memahami sayuran ini.

Namun pada dasarnya kelor ialah sayuran yang enak. Apalagi andai dimasak dengan sayuran-sayuran yang bening. Masyarakat Lombok sangat menyenangi sayuran kelor ini, dan kelor dapat menjadi makanan khas Lombok.

Kenikmatan sayur kelor bakal lebih terasa andai dimakan dengan nasi putih yang hangat dan pun sambal terasi khas dari Lombok. Jika hendak mencoba makanan ini, usahakanlah mampir ke warung santap yang tidak sedikit ada di Lombok Timur.

  1. Ikan Bakar Pantai Nipah

Satu lagi kuliner khas Lombok yang sayang dilewatkan ialah ikan bakar Pantai Nipah. Tentunya makanan ini dapat ditemui bila berwisata ke pantai-pantai di Lombok. Sambil merasakan makanan, sambil merasakan pemandangan. Tentunya urusan ini bakal menjadi di antara Wisata Bahari di Indonesia yang tidak terlupakan.

Makanan ini disajikan bareng nasi dan pun sambal plencing. Di samping itu seringkali juga disajikan dengan beberuk. Bagi menikmatinya, datanglah ke jalan di perbukitan Malimbu sampai ke Pantai Nipah. Di sana ada tidak sedikit penjual ikan bakar ini.

Pantai Nipah tersebut sendiri memang telah mulai tidak sedikit dikenal wisatawan dan tidak jarang kali ramai, terutama saat musim liburan tiba. Maka dari itu, menyantap kuliner seraya menikmati situasi tersebut bakal menjadikan liburan semakin berkesan.

  1. Beberuq Terong

Beberuq terong adlaah makanan yang diubah dari terong. Ada dua jenis terong yang dapat diolah menjadi makanan ini, yakni terong bulat dan terong yang panjang. Bagi terong panjang, seringkali dibakar terlebih dahulu.

Sedangkan terong bulat yang mentah, langsung diiris kecil-kecil untukdibaur dengan bumbu dan sambal khas Lombok. Sementara itu, guna terong panjang yang dibakar, terong bakal disuir-suir dan lantas dicampurkan dengan sambal pelencing.

Jika hendak menikmati makanan ini, lumayan mudah karena nyaris semua warung santap di Lombok memasarkan makanan dari terong ini. Pilih sajacocok selera, hendak terong yang matang atau yang dibakar.

  1. Kelaq Lebui

Salah satu Tips Liburan ke Lombok untuk merasakan wisata di sana ialah dengan menggali kuliner khas dan lezat. Salah satunya ialah kelaq lebui. Nama yang menarik untuk orang dari luar wilayah Lombok. Inilah makanan khas Lombok yang dapat dimakan bareng nasi yang hangat. Rasanya ialah pedas dan pun asam.

Makanan Kelaq lebui diciptakan dari biji kedelai hitam. Kedelai hitam ini kemudian diubah dengan memakai bumbu kuah yang rasanya asam. Sekilas makanan ini serupa dengan makanan dari kacang hijau. Hanya saja warnanya hitam.

Di samping kacang kedelai hitam, terdapat juga gabungan sayur yang dimasak bersama. Biasanya dipakai sayur kemangi yang berbau harum. Sedangkan bumbu yang digunakan ialah bawang merah, bawang putih, terasi, dan pun tomat.